Pasutri Tuna Rungu Keliling Indonesia Naik Sepeda

Jum’at, 31 Juli 2009 – 22:02 wib
Siska Harya Virdhani – Okezone

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) mendukung penuh ambisi pasangan suami istri tuna rungu, Yunara dan Rahma Anggraini Chibro untuk berkeliling Indonesia dengan menaiki sepeda angin.

Hal itu disampaikan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri saat menerima pasangan tersebut di ruangannya, Jumat (31/7/2009). Menurut Gumilar, UI mendukung kegiatan pasutri tuna rungu tersebut karena mereka membawa misi budaya dan lingkungan.

“UI memberi dukungan dan secara pribadi kami memberikan bantuan dana untuk bekal keliling Indonesia. Kami berharap ada pelajaran dan hikmah dari misi yang dibawa pasangan berkemampuan khusus itu,” katanya.

Gumilar menjelaskan, UI memberi dukungan karena kampanye hidup sehat yang digerakan pasangan tersebut sesuai dengan gerakan hijau UI. UI berkomitmen mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di lingkungan UI dengan sepeda dan tram yang pembangunannya dimulai pada 2010 serta bus dengan bahan bakar ramah lingkungan.

Harapannya, dengan berkelilingnya pasutri tersebut ke Indonesia akan membuka mata pembuat kebijakan. Misalnya fasilitas umum, sosial, dan sekolah dibangun dengan mengakomodir kebutuhan para orang yang berkemampuan khusus tersebut. Contohnya, trotoar yang dibangun didesain untuk orang berkemampuan khusus tersebut.

Rahma mengaku, dirinya bersama suami ingin berkeliling Indonesia karena ingin melihat indahnya alam Indonesia serta aneka ragam budayanya yang selama ini hanya dilihatnya dari televisi.

“Jika mendapatkan izin dari Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault kami memulai berkeliling dari Jakarta menuju Pulau Sumatera hingga Papua. Anak saya akan dititipkan sama pemilik kontrakan. Kami percaya bapak,” papar Rahma.

Ironisnya, Ia juga sempat ke Balaikota Depok untuk meminta dukungan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail. Namun Nur Mahmudi Ismail tidak memberikan dukungan.

Ketua Komunitas Bike To Work Indonesia Toto Sugito menjelaskan, dia akan mempertemukan kedua pasangan itu dengan Menegpora Adhiyaksa Dault dan produsen sepeda Polygon. Khusus kepada produsen sepeda Polygon dia akan meminta agar sepeda pasutri tuna rungu itu diganti dengan yang layak.

sumber : http://news.okezone.com/read/2009/07/31/1/243913/pasutri-tuna-rungu-keliling-indonesia-naik-sepeda

About sayabisaberubah

Apa adanya aja... dan selalu berharap bisa menjadi lebih baik setiap harinya
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s