Prestasi Olah Raga Di Balik Tunagrahita

Pengurus Pusat (PP) Soina menyatakan siap untuk menyelenggarakan Olimpiade Khusus Tunagrahita tingkat nasional ke-6 Special Olympics Indonesia (PORNAS VI SOina) tahun 2010. Sebagai event kompetisi empat tahunan, PORNAS VI SOina merupakan puncak prestasi atlet Tunagrahita di tingkat nasional setelah mengikuti kompetisi di level kabupaten/kota hingga provinsi. Hal ini merupakan jenjang kompetisi yang dilakukan secara teratur guna meraih atlet-atlet Special Olympics yang handal.

Kegiatan PORNAS SOina 2010 ini rencanakan akan  diselenggarakan pada 24-30 Juni 2010 yang diikutidi GOR Ragunan Jakarta. SOina merupakan singkatan dari Special Olimpic Indonesia, yang diselenggarakan khusus masyarakat penyandang Tunagrahita. Olahraga khusus tunagrahita ini telah dimulai sejak Agustus 1998. demikian diungkapkan oleh Dr. Pudji Hastuti, MSc, PH Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) SOina hari ini (10/03/10) di Jakarta.

Kegiatan ini akan diikuti oleh kurang lebih 4000 peserta terdiri dari atlet dan pelatih dari 33 provinsi, relawan, media dan tamu undangan lainnya. Terdapat 7 cabang olahraga yang akan dipertansingkan di PORNAS kali ini, yaitu atletik, bulutangkis, tennis meja,bocce, renang, sepak bola, dan bola basket. Ketujuh (7) cabang olahraga ini merupakan target binaan olahraga yang ditetapkan oleh MUNAS (Musyawarah Nasional) SOina 2006 dalam rangka meningkatkan jumlah dan kwalitas atlet dan pelatih untuk mengikuti Olimpiade tunagrahita di Internasional, Special Olympics World Summer Games (SOWSG) tahun 2011 di Athena, Yunani.

Selain untuk memberikan kesempatan bagi penyandang tunagrahita si seluruh Indonesia untuk berprestasi di bidang olah raga, PORNAS VI 2010 ini juga bertujuan sebagai ajang evaluasi program pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi Tunagrahita untuk 7 cabang olahraga selama periode 2007-2010. Selain itu PORNAS kali ini juga bertujuan untuk menyeleksi atlet dan pelatih SOina yang berprestasi untuk menjadi duta Indonesia ke SOWSG 2011 di Athena, Yunani.

Kegiatan ini diperkirakan membutuhkan sekitar 2.000 orang relawan untuk membantu berbagai bidang seperti Liason Officer (LO), pendamping atlet, Tim Medis, Perlengkapan, transportasi, konsumsi, dokumentasi, kebersihan, keamanan dan berbagai bidang kepanitiaan lainnya. Untuk itu panitia telah berusaha menemui berbagai pihak seperti sekolah, universitas, perusahaan, atau lembaga untuk dapat mengerahkan siswa atau karyawannya untuk menjadi relawan pada PORNAS 2010. “ kami sampai hari ini masih terus berusaha mencari tenaga-tenaga voulentir untuk memeriahkan ajang prestasi olah raga Tunagrahita di Indonesia,” ujar Dr. Pudji. Pelibatkan relawan dalam setiap kegiatan Special Olimpics Indonesia merupakan suatu keharusan, selain bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan social, kegiatan kerelawanan (volunterism) dapat membangun solidaritas social dan juga menciptakan lingkungan inklusif antara Tunagrahita dan non-Tunagrahita.

Kegiatan ini diperkirakan menghabiskan dana Rp. 5 Miliar. “Meski belum ada kejelasan  bantuan dari pemerintah terutama Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, kami yakin bahwa pemerintah mendukung penih kegiatan ini,” ujar dr. Pudji. Ia juga menambahkan bahwa PP Soina membuka partisipasi berbagai pihak, khususnya dari dunia usaha untuk mensukseskan kegiatan ini. “Tidak saja dalam bentuk uang, namun juga dalam bentuk barang seperti minuman, makanan, t-shirt, perlengkapan olahraga, dll. Berapapun besarnya bantuan tersebut akan membantu suksesnya kegiatan ini, “ujarnya.

PP SOina menurut dr. Pudji juga berharap agar Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono berkenan membuka kembali kegiatan ini secara resmi “Kami berharap dengan kehadiran  Ibu Negara pada kegiatan Special Olympics ini dapat merubah pendangan stereotype negative masyarakat terhadap penyandang Tunagrahita sehingga amereka dapat diterima sebagai bagian masyarakat seutuhnya,”ujar dr. Pudji.

Pudji menambahkan bahwa salah satu program Globel Movement dengan meberdayakan Tunagrahita melalui pembinaan olah raga agar mereka lebih produksti, mandiri dan berguna bagi masyarakat

Special Olympics Indonesia (SOina) adalah satu-satunya organisasi di Indoensia yang mendapat akreditasi dari special Olympics Internasional (SOI)  untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi penyandanga Tunagrahita di Indonesia dalam rangka pemberdayaan Tunagrahita agar menjadi  warga masyarakat yang lebih produktif.

Indonesia bergabung menjadi anggota Special Olympics pada tanggal 9 Agustus 1989 dan menjadi anggota Special Olympics Internasinal (SOI) ke-79 dimana SOI sendiri berdiri pada tahun 1968 yang diprakasi oleh Mrs. Eunice Kennedy Shriver, yang kegiatannya ditopang oleh The Joshep P. Kennedy Jr. Foundation. Special Olympics Indinesia hingga tahun 2009 telah menjaring 47.535 atlet dari 33 provinsi di Indonesia. Namun yang aktif hanya kurang lebih hanya 11.000 saja dikarenakan kendala ada pasa kurangnya sarana dan prasara serta sumber daya manusia tenaga pelatih dan voulenteer.

Misi Special Olympics adalah menyelanggarakan palatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun diberbagai jenis olahraga Olimpiade bagi Tunagrahita, memeberikan mereka kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik sehat, menunjukkan keberanian, menikmati kebahagiaan, dan memeprlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarganya, atlet Special Olyimpics lainnya dan masyarakat. Tidak ada pungutan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Special Olympics, yaitu: “let me win, But if I can not win. Let me beb brave in the attempt”, yang artinya: Biarkan kami menang, tetapi jika kami tidak menang, berilaha kami untuk mencobanya”. (ForumNGO/DP)

Sumber : http://www.forum-ngo.com/prestasi-olah-raga-di-balik-tunagrahita/

About sayabisaberubah

Apa adanya aja... dan selalu berharap bisa menjadi lebih baik setiap harinya
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s